Lowongan Kerja

Lowongan kerja di KEHATI

14:18, 17 Februari 2015 | Dibaca 1297 kali

KEHATI dan Chevron Indonesia Kembangkan Ekowisata Pulau Maratua demi Keberlanjutan Lingkungan

 

Hari ini Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) dan Chevron Indonesia melakukan kesepakatan bersama untuk mendukung program ekowisata di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Kick off program yang diberi nama MESSI(Maratua Ecotourism for Sustainable Small Island) dilaksanakan tanggal 14 Januari 2015 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI MS Sembiring menyatakan, program ini penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan pembangunan masyarakat di pulau-pulau terluar Indonesia serta meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik wisatawan dunia di tengah persaingan global.

Pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil merupakan salah satu program yang mendapatkan perhatian khusus dari KEHATI mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Dengan dukungan dan komitmen Presiden Joko Widodo untuk tidak memunggungi laut mengukuhkan pentingnya perhatian terhadap pulau-pulau kecil di Indonesia, yang merupakan negara bahari. Yayasan KEHATI telah menjalankan program di Kepulauan Derawan sejak tahun 2001", ujar Sembiring

Pulau Maratua merupakan garda depan pulau terluar Indonesia, karena berbatasan langsung dengan dua negara tetangga. Pengelolaan yang tepat pada pulau kecil seperti Pulau Maratua merupakan bagian penting dari ketahanan nasional.

Pengembangan paket ekowisata program ini disertai dengan pengembangan standarisasi mutu pelayanan sesuai dengan standar nasional dan internasional, baik dari sisi standar pemandu wisata dan standar konservasi kawasan. Selain itu, penguatan kelembagaan dan tata kelola desa ekowisata dan kegiatan ekowisata bahari juga dilakukan dan disertai dengan pembangunan fasilitas ekowisata untuk edukasi konservasi terumbu karang, pusat selam (dive center), dan tempat tinggal (home stay) berbasis masyarakat. Wisata perikanan, atau yang dikenal dengan istilah mina wisata, yang ramah lingkungan juga ikut dikembangkan, sebagai salah satu pendukung ekowisata bahari.

Corporate Communication Manager Chevron Indonesia Dony Indrawan menyatakan, program kerja sama Yayasan KEHATI dan Chevron Indonesia di Pulau Maratua berupa pengembangan ekonomi produktif melalui pengelolaan ekowisata yang berbasis masyarakat dan keanekaragaman hayati bahari.

“Program investasi sosial Chevron di Kepulauan Derawan ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap perlindungan lingkungan sekaligus kontribusi perusahaan dalam mengembangkan masyarakat setempat. Kami berharap program pengembangan ekowisata ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat sekaligus mendorong peningkatan sosio-ekonomi jangka panjang”, kata Dony.

Program pengembangan ekowisata ini merupakan jawaban sekaligus dukungan terhadap program pemerintah yang dicanangkan Kementerian Pariwisata, yakni program DMO (Destination Management Organization) Kepulauan Derawandi Pulau Maratua dan program konservasi serta adopsi pulau dari Kementerian Kelautan Perikanan.

Kerja sama para pihak ini juga diperkuat dengan dukungan program KKN Tematik Ekowisata Universitas Gadjah Mada di Pulau Maratua dan didukung penuh oleh Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Berau. Melalui kerja sama multi pihak ini diharapkan sinergi pilar-pilar pembangunan yaitu pemerintah, swasta, universitas, lembaga non pemerintah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Yayasan KEHATI Vacancy: Koordinator Program - MESSI, Kalimantan Timur

DIBUTUHKAN SEGERA

Yayasan KEHATI, Sebagai suatu lembaga swadaya masyarakat, nir-laba, yang mengemban dan melaksanakan amanah untuk menghimpun,. Mengelola dan menyalurkan dana hibah untuk Pelestarian dan Pemanfaatan Keanekaragaman hayati menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Yayasan KEHATI, mencari tenaga kerja yang professional, terampil, mandiri, berdedikasi tinggi pada lingkungan , dengan posisi sebagai berikut :

KOORDINATOR PROGRAM - MARATUA ECOTOURISM AND SUSTAINABLE SMALL ISLAND (MESSI)

Kualifikasi minimum yang diperlukan sebagai berikut:

·        Warga Negara Indonesia, berkelakuan baik, Jujur

·        Berusia antara 28 tahun s/d 40 tahun

·        Lancar menulis dan berbicara bahasa Indonesia & Inggris

·        Memiliki pemahaman tentang konservasi keanekaragaman hayati.

·        Berpengalaman minimal 2 (dua) tahun dalam menangani program ekowisata berbasis masyarakat dan Konservasi Ekosistem Pesisir / Pulau Kecil.

·        Bersedia ditempatkan di Kalimantan Timur

·        Berlatar belakang pendidikan yang sesuai, minimal S-1 Biologi kehutanan / Perikanan/ Kelautan / Pesisir (Pulau Kecil)

Kirimkan surat lamaran berikut lampiran (CV terbaru dan fotocopy ijazah terakhir) secara lengkap dan dikirim melalui e-mail ke:

Hrd@Kehati.or.id


Selambat-lambatnya tanggal 27 februari 2015 setelah iklan ini dimuat.

Seluruh kandidat dijamin kerahasiannya, dan hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk interview lanjutan.

Sumber: Sebastian Aviandika