Kegiatan Mahasiswa

UKK REGISTER_UNDIP MENGIKUTI ACARA GEOCOASTAL FRIDAY NIGHT SCIENTIFIC HANGOUT di LABORATORIUM GEOSP

03:44, 24 Desember 2013 | Dibaca 642 kali

UKK REGISTER_UNDIP MENGIKUTI ACARA  GEOCOASTAL FRIDAY NIGHT SCIENTIFIC HANGOUT di LABORATORIUM GEOSPASIAL

 

Unit Kegiatan Kemahasiswaan Register (Remote sensing and GIS technology  research) Universitas Diponogoro pada tanggal  15 november 2013 menghadiri acara GEOCOASTAL FRIDAY NIGHT SCIENTIFIC HANGOUT  yang diadakan di Laboratorium Geospasial Pesisir Parangteritis Yogyakarta.  Acara berlangsung dua hari yaitu Jumat malam dan berakhir pada Sabtu pagi.  Hari  pertama, acara dimulai dengan diskusi  panel berkaitan dengan pengindraan jauh dan GIS yang berhubungan dengan dunia pesisir .

 

Materi pertama disampaikan oleh bapak. Dr. NYOMAN JELUN yang menjelaskan metode SACIS salah satu metode yang ditemukannya dalam membantu menganalisa aspek hydro-oseanografi dengan pengindraan jauh.  Sedangkan  materi ke dua di sampaikan oleh bapak. Aprijanto, S.T, M.Si dengan materi zonasi RIP current dengan penggunaan metode pengindraan jauh.  Materi ketiga disampaikan oleh ibu Wirastuti Widyatmanti, Ph.D yang memberi materi pentingnya manajemen pesisir guna ekowisata.  Materi keempat disampaikan oleh Taufik Heri Purwanto, S.Si, M.Si yang banyak menjelaskan tentang peraturan peraturan yang berkaitan dengan penginderaan jauh dan sistem informasi geografi (SIG).

 

Pada acara hari ke dua peserta diajak untuk melihat langsung wisata alam yang ada didaerah laboratorium yaitu gumuk pasir dan pantai Depok.  Dengan selesainya acara hari ke dua maka berakhirnya acara GEOCOASTAL FRIDAY NIGHT SCIENTIFIC HANGOUT, jika kalian masih penasaran dengan dunia pengindraan jauh dan sistem informasi geografis khususnya berkaitan dengan kelautan bisa follow twitter @register_undip.

 

 

ditulis oleh : bagus rahmattullah / @bagusTernak

editor    : bs