Info Komunitas

Rintisan Kerja Sama Ilmu Kelautan Dan Reefcheck Indonesia

23:54, 22 November 2013 | Dibaca 1024 kali

Ekosistem terumbu karang merupakan berkah sekaligus beban bagi Indonesia. Betapa tidak, terumbu karang menyimpan sejuta potensi untuk kesejahteraan umat manusia, sebut saja sebagai area wisata, pelindung pantai, penunjang perikanan laut hingga sumber bahan obat-obatan.  Sayangnya, kondisi terumbu karang di Indonesia telah dan sedang mengalami degradasi hingga membutuhkan penanganan yang sangat serius baik melalui pengelolaan kawasan, restorasi maupun kampanye-kampanye penyadaran.

Dalam rangka untuk ikut serta menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang, kami, Ilmu Kelautan Undip, sedang berusaha untuk mewujudkan kerjasama dengan Reef Check Indonesia. Reef Check Indonesia merupakan organisasi yang concern terhadap pelestarian terumbu karang di Indonesia, dengan pilarnya Sains & Teknologi, Pengelolaan Laut Berkolaboratif dan Edukasi & Penyadartahuan. Punggawa dan motor Reef Check Indonesia juga merupakan alumni Ilmu Kelautan Undip yaitu Jensi Sartin, S. Kel M. Sc, (IK 2003) serta Derta Prabuning S. Kel (IK 2004)

Kerja sama yang dirintis meliputi;  Praktek Kerja Lapangan, Penelitian dan Pelatihan dengan tema sekitar terumbu karang dan pelestariannya. Praktek Kerja Lapangan atau sering disingkat PKL meliputi berbagai disiplin ilmu terkait pelestarian; biofisik, sosial dan bahkan komunikasi pelestarian. Penelitian meliputi pelibatan mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan staff pengajar dalam pelaksanaan penelitian ataupun dalam penulisan hasil penelitian. Pelatihan meliputi monitoring terumbu karang, Pemetaan partisipatif sumberdaya laut, pendampingan masyarakat dalam pengolahan data monitoring. (AT).