Artikel Populer

Tip N Trik : Cara Mudah Membuat Makalah dan Presentasi

01:34, 03 Desember 2013 | Dibaca 503 kali

Dalam keseharian kita seringkali dihadapkan pada berbagai masalah yang tidak terduga. Bagi mahasiwa tentu pernah menghadapi dosen yang tiba-tiba memberikan tugas membuat makalah atau presentasi dengan topik yang masih asing. Apalagi sebagai pegawai, banyak menghadapi masalah yang sama sekali baru dan tak pernah diberikan di bangku kuliah. Bagaimana kalau tiba-tiba Bapak Bos memberi tugas untuk membuat makalah atau presentasi tentang hal-hal yang kurang kita kuasai ? Jangan kuatir apalagi panik, coba saja ikuti langkah-langkah dibawah :

1. Pahami dahulu definisi dan materi utamanya

Kemajuan jaman, membuat banyak hal menjadi mudah untuk dipecahkan. Segala sesuatu bisa ditanyakan pada si Mbah Google atau Om Yahoo. Ketik aja semua kata kunci pada topik yang diberikan.

2. Buat kerangka makalah atau presentasi sesuai dengan format yang standar

Membuat kerangka merupakan langkah strategis untuk dapat menyelesaikan makalah atau presentasi dengan cepat. Sekali kerangka terbentuk, langkah mudah selanjutnya tinggal mengisi semua bagiannya.

3. Kumpulkan data dan materi yang butuhkan

Carilah bahan-bahan untuk mengisi materi dari internet atau koleksi buku yang ada. Jangan lupa, apabila data harus diolah, tentukan metoda pengolahan dan analisis yang tepat.

4. Isikan semua materi pada kerangka

Materi yang sudah diperoleh segera dimasukan dalam kerangka yang sudah terbentuk hingga semua bagian terisi.

5. Selaraskan alur pikir dan isi

Setelah semua materi diisikan, bacalah draft tersebut dengan teliti, simak baik-baik apakah ada bagian yang janggal atau nyeleneh dan tidak sinkron. Saya sarankan, setelah menyelesaikan bagian ini, istirahat sejenak dengan minum secangkir teh hangat, main gitar atau mendengarkan musik favorit cukup satu atau dua lagu, atau lakukan apapun yang membuat anda lebih rileks. Segera setelah break, baca sekali lagi draft tersebut. Koreksilah tiap ada kesalahan saat itu juga. Jangan lupa untuk menyimpan file tersebut sebagai file baru, jangan menghapus file lama!

6. Buat ringkasan atau abstrak

Banyak orang salah sangka, karena ringkasan atau abstrak bagian terpendek, maka dianggap paling mudah dikerjakan. Padahal membuat ringkasan atau abstrak adalah bagian tersulit. Abstrak dengan jumlah kata yang sangat terbatas harus mampu merefleksikan semua isi makalah. Biasanya abstrak tidak lebih dari 250 kata.

 

Semoga tip ini bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba ! (03/12/13-AT)